Rapat Penyusunan Laporan Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan serta Penyampaian Data Balikan

Rapat Penyusunan Laporan Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan serta Penyampaian Data Balikan

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Ogan Ilir, Ibu Damayanti, S.Si. dan Analis Kebijakan Ahli Muda (Subkordinator Sub-substansi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan), Sdri. Khosyi'ah, S.S., S.Sos.I., M.Pd. mengikuti Rapat Penyusunan Perencanaan, Pelaksanaan, Pemantauan, Pengendalian, dan Pelaporan Adminduk terkait Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan yang bertempat di Ruang Rapat Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan (Rabu, 18 Mei 2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi penyusunan laporan pemanfaatan data kependudukan sesuai Permendagri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan. Rapat dibuka langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumsel, Bapak Pu'adi, S.Pd. dengan peserta 2 orang staf Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Dinas Dukcapil 17 Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan serta staf lembaga pengguna pemanfaatan data kependudukan tingkat provinsi. 

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi dan diskusi. Materi I berkaitan tentang Penyusunan Laporan Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Terkoneksi Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan Narasumber Ibu Eti Setiorini (Kasubdit Monitoring Evaluasi dan Dokumentasi Direktorat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Dukcapil kemendagri). Materi II tentang Penyampaian Data Balikan Pemanfaatan Data Kependudukan disampaikan oleh Bapak Muhammad Priyono, S.H., M.H. (Kasubdit Layanan Teknis Data Kependudukan Direktorat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Ditjen Dukcapil kemendagri). Dilanjutkan dengan penyampaian materi III oleh Bapak Sandi (Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumsel) terkait dengan Laporan Data Balikan Pemanfaatan Data Kependudukan dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumsel.

Berdasarkan Permendagri Nomor 102 Tahun 2019, lembaga penguna yang telah bekerja sama dan memiliki hak akses data kependudukan Dupkcapil WAJIB menyampaikan Laporan Pemanfaatan Data Kependudukan dan Data Balikan kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri melalui Dinas Dukcapil Provinsi/Kabupaten/Kota per semester atau sewaktu-waktu apabila diperlukan. Pada Tahun 2022 ini pelaporan data balikan sudah dapat disampaikan melalui aplikasi yang sudah disiapkan oleh Ditjen Dukcapil.

Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, hingga Mei Tahun 2022 ini, terdapat 25 lembaga pengguna yang telah bekerja sama dan memiliki akses data kependudukan. Kedua puluh lima lembaga tersebut adalah Disperindagkop UKM, Dinsos, Diskan, Disketapang, Bappeda, RSUD, Disperkim, Diskominfo, DPMD, Dinkes, BPBD, Balitbangda, Satpol PP, Disdikbud, Badan Kesbangpol, Setda, Setwan, DPMPTSP, Disnakertrans, Disporpa, DLH, Dishub, BKPSDM, Disperpus, dan Bapenda. Akses pemanfaatan data kependudukan ini digunakan perangkat daerah membantu peningkatan pelaksanaan Tupoksi masing-masing, yakni untuk memverifikasi dan memvalidasi data penerima layanan perangkat daerah. Kedepannya diharapakan semua perangkat daerah di lingkungan Pemkab Ogan Ilir dapat bekerja sama dan memiliki hak akses data kependudukan Dukcapil, sesuai amanah Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2013.

 

Khosyi'ah Nadjib