Rakornas Dukcapil II Tahun 2023 di Palembang Berlangsung Lancar dan Sukses

Rakornas Dukcapil II Tahun 2023 di Palembang Berlangsung Lancar dan Sukses

Kepala Dinas Dukcapil Ogan Ilir, Bapak Zaidan Sukarno, S.Sos., M.Si. bersama para Kabid, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta Operator SIAK turut menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil II Tahun 2023 se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemendagri) di Novotel Hotel & Residence Palembang,  Sumatera Selatan.

Rakornas Dukcapil dengan tema "Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024", ini berlangsung selama 3 hari Selasa-Kamis, 24-26 Oktober 2023, dihadiri oleh sekitar 2.000 peserta berasal dari Dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Rakornas dibuka Selasa malam oleh Menteri Dalam Negeri, Bapak Tito Karnavian, dan dihadiri pula oleh Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Bapak Agus Fatoni, serta para kepala daerah kabupaten/kota se-Sumatera Selatan, termasuk Bupati Ogan Ilir, Bapak Panca Wijaya akbar.

Tujuan penyelenggaraan Rakornas ini adalah untuk: 1) menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi jajaran Dukcapil pusat dan daerah guna mendukung kemudahan pelayanan publik dan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024; 2) mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan dengan layanan publik lainnya; dan 3) meningkatan kualitas layanan administrasi kependudukan diseluruh Indonesia.

Pada Rakornas tersebutdihadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, di antaranya Menteri PAN dan RB, Ketua KPU RI, dan Pj. Gubernur Sumatera Selatan. Hadir pula dari unsur Komisi II DPR RI, Kemenkeu, Bappenas, Kemen-PANRB, BSSN, Kemenlu, dan para Pejabat Eselon I dan II Kemendagri.

Rakornas Dukcapil ini sekaligus menjadi wadah yang tepat bagi Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bapak Teguh Setyabudi untuk memantapkan spirit tagline “Dukcapil PRIMA, Indonesia Maju”. Semangat “Dukcapil PRIMA, Indonesia Maju” harus diimplementasikan dalam setiap layanan Dukcapil, baik itu layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat, maupun layanan data kependudukan kepada lembaga layanan publik. Dokumen kependudukan dan data kependudukan itu sendiri merupakan 2 output besar layanan administrasi kependudukan.

PRIMA adalah spirit pelayanan jajaran Dukcapil yang mencerminkan sikap Profesional, Responsif, Inovatif, Melayani, dan Akuntabel. Profesional artinya setiap insan Dukcapil harus memiliki tingkat keahlian yang tinggi dalam bertugas, sementara Responsif mencerminkan jajaran Dukcapil yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat secara efektif. Selanjutnya, Inovatif adalah sikap yang selalu berusaha menemukan cara, metode, pendekatan atau teknologi terbaik untuk memberikan pelayanan yang kreatif dan efektif kepada masyarakat. Lebih lanjut, Melayani berarti insan Dukcapil yang benar-benar berjiwa ingin membantu, ramah, peduli, dan bersahabat dalam melayani masyarakat. Dan Akuntabel adalah prinsip yang sangat penting agar jajaran Dukcapil dalam setiap tindakan dan keputusan selalu dapat dipertanggungjawabkan kepada pemerintah, Masyarakat, dan Tuhan Yang Maha Esa.

Selain 2.000 peserta yang hadir secara langsung, Rakornas juga menyediakansarana bagi peserta peserta yang tidak dapat hadir secara Luring, yakni tayang secara live selama 3 hari di kanal Zoom, Youtube, Instagram dan tiktok Ditjen Dukcapil. Semua peserta Daring dan Luring dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber untuk menanyakan dan menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam pelayanan di daerah.

 

Khosyi’ah Nadjib